PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PKn PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TANRARA, KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA

Show simple item record

dc.contributor.author JUSMAN
dc.date.accessioned 2023-02-15T03:34:39Z
dc.date.available 2023-02-15T03:34:39Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other 4513103125
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4586
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran question student have terhadap pemahaman materi PKn pada siswa kelas V SD Negeri Tanrara kecamatan Bontonompo kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes essai sebanyak 10 nomor serta lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran question student have terhadap pemahaman materi PKn pada siswa kelas V SD Negeri Tanrara kecamatan Bontonompo kabupaten Gowa, dibuktikan dengan hasil analisis statistik deskriptif yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dilihat dari nilai rata-rata pada hasil pretest sebesar 4,16 dan nilai rata-rata pada hasil posttest sebesar 12,167 serta pada hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukkan keantusiasan, keaktifan dalam bertanya dan menjawab, ketertarikan terhadap model pembelajaran, serta sikap siswa ketika belajar yang termasuk baik. Berdasarkan analisis statistik inferensial diperoleh hasil -ttabel sebesar - 1.79588 lebih kecil dari thitung sebesar -0.37 lebih kecil dari ttabel = 1.79588 pada taraf signifikasi 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran question student have terhadap pemahaman materi PKn pada siswa kelas V SD Negeri Tanrara Kecamatan Bontonompo kabupaten Gowa. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject kemampuan memahami materi en_US
dc.subject model pembelajaran question student have en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PKn PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TANRARA, KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account