Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model
concept sentence dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas kelas V SD Negeri Sudirman III Makassar.
Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (Classroom Action
Research) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas V-B SD Negeri Sudirman III Makassar
sebanyak 25 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan metode observasi, dan tes yang selanjutnya dianalisis
secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model concept
sentence dalam pembelajaran PKn Tema 3 dapat meningkatkan hasil
belajar pada Siswa Kelas V di SD Negeri Sudirman III Kota Makassar. Hal
tersebut berdasarkan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari
75,64 pada siklus I menjadi 84,08 pada siklus II dan peningkatan
ketuntasan hasil belajar dari 80,00% pada siklus I menjadi 92,00% pada
siklus II