Abstract:
Pengaruh metode Three Step Interview Terhadap
Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas V SD Inpres Panammpu II Kota Makassar.
Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan ILmu
Pendidikan Universitas Bosowa (dibimbing Oleh Dr. Asdar, M.Pd sebagai
Pembimbing I Dan Susalti Nur S.Pd., M.Pd sebagai pembimbing II). Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh
metode Three Step Interview Terhadap Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas V SD
Inpres Panammpu II Kota Makassar Populasi dari penelitian ini adalah seluruh
peserta didik pada kelas V A dan B SD Inpres Pannampu Kota Makassar tahun
ajaran 2017/2018 sebanyak 1 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara
total sampling. Jenis Penelitian ini adalah Ekperimen dengan rancangan penelitian
adalah Nanoquivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan ialah kelas
V A dan kelas V B. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini ada dua yaitu
analisis deksriptif dan analisis inferensial (Uji-t). Berdasarkan analisis deskriptif
didapatkan bahwa rata-rata peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan
metode Three Step Interview berada pada kategori tinggi sedangkan nilai rata-rata
tanpa melakukan model pembelajaran berada pada kategori sedang. Bahwa nilai
untuk uji-t diperoleh X2 t-hitung > X2 t-tabel yaitu ( >2,074), maka dapat
dinyatakan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahawa terdapat pengaruh metode Three Step Interview Terhadap
Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas V SD Inpres Panammpu II Kota Makassar