Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap hasil belajar Matematika pada
siswa kelas IV SDN 240 Baddo-Baddo Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini
adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian one-Group PretestPosttest. Teknik pengumpulan data yang digunkan dalam penelitian ini adalah
observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes isian
sebanyak 10 nomor. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik
deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap hasil belajar
Matematika pada siswa kelas IV SDN 240 Baddo-baddo Kabupaten Maros,
dibuktikan dengan hasil analisis statistik deskriptif yang menunjukan bahwa hasil
belajar siswa meningkat dilihat dari nilai rata-rata posttest sebesar 72,53 serta
pada hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukan keantusiasan, keaktifan
dalam bertanya dan menjawab, ketertarikan terhadap model pembelajaran, serta
sikap siswa ketika belajar yang termasuk baik. Berdasarkan analisis statistik
inferensial diperoleh hasil uji “t” yang menunjukan nilai sebesar 2,064 lebih
kecil dari sebesar 9,78 lebih besar dari sebesar 2,064 pada taraf
signifikasi 0,05 sehingga Hipotesis alternatif
) yang menyatakan terdapat
pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking
chips terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SDN 240 BaddoBaddo Kabupaten Maros diterima. Dilihat dari hasil tersebut disarankan kepada
guru kelas IV agar kiranya dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe talking chips untuk proses belajar mengajar