DSpace Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 240 BADDO-BADDO KABUPATEN MAROS

Show simple item record

dc.contributor.author ELISA, KADEK WIWIN
dc.date.accessioned 2023-02-16T01:19:47Z
dc.date.available 2023-02-16T01:19:47Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other 4515103031
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4595
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SDN 240 Baddo-Baddo Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian one-Group PretestPosttest. Teknik pengumpulan data yang digunkan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes isian sebanyak 10 nomor. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SDN 240 Baddo-baddo Kabupaten Maros, dibuktikan dengan hasil analisis statistik deskriptif yang menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat dilihat dari nilai rata-rata posttest sebesar 72,53 serta pada hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukan keantusiasan, keaktifan dalam bertanya dan menjawab, ketertarikan terhadap model pembelajaran, serta sikap siswa ketika belajar yang termasuk baik. Berdasarkan analisis statistik inferensial diperoleh hasil uji “t” yang menunjukan nilai sebesar 2,064 lebih kecil dari sebesar 9,78 lebih besar dari sebesar 2,064 pada taraf signifikasi 0,05 sehingga Hipotesis alternatif ) yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SDN 240 BaddoBaddo Kabupaten Maros diterima. Dilihat dari hasil tersebut disarankan kepada guru kelas IV agar kiranya dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips untuk proses belajar mengajar en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.subject model pembelejaran kooperatif tipe talking chips en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 240 BADDO-BADDO KABUPATEN MAROS en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account