Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media
Kartu Bergambar terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN 291 Inpres Buntudatu
Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian One-Gruop Pretst-Posstest.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan
dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes pilahan ganda 20
nomor dengan empat pilihan jawaban. Teknik analisis data menggunakan analisis
statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan
media kartu bergambar tehadap hasil belajar IPS Kelas V SDN 291 Inpres
Buntudatu Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja, dibuktikan dengan
hasil analisis deskriptif yang menujukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat
dilihat dari nilai rata-rata pada hasil pretest sebesar 35,86 dan nilai rata-rata pada
hasil posstest sebesar 79,56. Berdasarkan analisis statistik infrensial diperoleh
hasil uji “t” yang menunjukkan nilai ttabel sebesar 2,080 dan thitung sebesar 9,75
lebih kecil dari ttabel sebesar 2,048 pada taraf signifikan 0,50 sehingga hipotesis
alternatif (Ha) yang menyatakan terdapat pengaruh penggunaan media kartu
bergambar tehadap hasil belajar IPS Kelas V SDN 291 Inpres Buntudatu
Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. Dilihat dari hasil tersebut
disarankan kepada guru kelas V agar kiranya menggunakan media kartu
bergambar untuk proses belajar mengajar.