Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar
matematikan pada siswa kelas V SD Negeri 7 Gandeng Kecamatan
Baraka Kabupaten Enrekang. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitan ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus .
Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, tes dan
dokumentasi sedangkan analisis data dengan analisis data kuantatif
deskriptif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu hasil belajar siswa
pada siklus I berada diketegori cukup dengan nilai rata-rata 75,9 pada
siklus persentase kentuntasan belajar siswa adalah 6,5%.
Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu
berada pada ketegori baik dengan nilai rata-rata dan pesrsentase
kentuntasa 80%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpilkan
bahwa penerapam model Aptitude Treatment Interaction (ATI) dapat
meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 7
Gangeng Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang.