Abstract:
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
kelas V SD Inpres Pai 2 Kecamatan Biringkanaya.Kota Makassar
.Penelitian ini bertujuan Penerapan Model Pembelajaran problem based
learning dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa
kelas V SD Inpres Pai 2 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar yang
berjumlah 34 siswa pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
deskriptif dan jenis penelitia ini adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan sebanyak dua siklus setiah siklus dilakukan satu kali
pertemuan. Dan melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahan
pelaksanan, tahap observasi dan tahap refleksi.
Fokus penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran
Problem Based Learning dan hasil belajar siswa Dalam .Pelaksanaan
kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak
sebagai fasilitator serta memberikan petunjuk kepada siswa yang
mengalami kesulitan dalam pembelajaran.Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan teknik observasi, statistik deskkriptif
dokumentasi.Teknik analisis data yang dianalis adalah statistik Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I belajar ativitas mengajar
guru dan aktivitas belajar siswa masih dalam ketegori Cukup. Hasil belajar
siswa pada siklus I menunjukan hasil pada kategori cukup dengan
persentase 65,71%, sisklus I belum berhasil guru dan peneliti melanjutkan
ke siklus II, dengan hasil ovasisi aktivitas mengajar guru dan aktivitas
belajar siswa menunjukkan pada kategori baik sehingga hasil belajar
siswa menunjukkan pada kategori baik dengan persentase 83,42 hasil
belajar pada siklus II telah mencapai keberhasilan atau KMM diinginkan
penelitian ini dihentikan dengan kesimpulan penerapan Model
pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas V SD Inpres Pai 2 Kecamatan biringkanaya Kota Makassar.