PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS V SD INPRES PAI 2 KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author SUNARTI
dc.date.accessioned 2023-02-16T02:06:29Z
dc.date.available 2023-02-16T02:06:29Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 4513103050
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4611
dc.description.abstract Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Pai 2 Kecamatan Biringkanaya.Kota Makassar .Penelitian ini bertujuan Penerapan Model Pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Inpres Pai 2 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar yang berjumlah 34 siswa pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dan jenis penelitia ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus setiah siklus dilakukan satu kali pertemuan. Dan melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahan pelaksanan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan hasil belajar siswa Dalam .Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai fasilitator serta memberikan petunjuk kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, statistik deskkriptif dokumentasi.Teknik analisis data yang dianalis adalah statistik Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I belajar ativitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa masih dalam ketegori Cukup. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukan hasil pada kategori cukup dengan persentase 65,71%, sisklus I belum berhasil guru dan peneliti melanjutkan ke siklus II, dengan hasil ovasisi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa menunjukkan pada kategori baik sehingga hasil belajar siswa menunjukkan pada kategori baik dengan persentase 83,42 hasil belajar pada siklus II telah mencapai keberhasilan atau KMM diinginkan penelitian ini dihentikan dengan kesimpulan penerapan Model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Pai 2 Kecamatan biringkanaya Kota Makassar. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Model Pembelajaran Promber Based Learning en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS V SD INPRES PAI 2 KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account