Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran IPS
dengan menggunakan pembelajaran portofolio pada siswa kelas V SDN
006 Pelokoan Kecamatan Bonehau Kabupaten Mamuju.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research) model pembelajaran portofolio. Penelitian dilaksanakan pada
semester I tahun ajaran 2016/2017 dalam dua siklus setiap siklus ada dua
kali pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas V SDN 006 Pelokoan
yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 12 siswa perempuan dan 8 orang lakilaki. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan
dokumentasi. Sementara instrument pengumpulan data menggunakan
soal tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data
dilakukan secara kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dua siklus yang
dilaksanakan, yakni siklus I dan siklus II mengalami peningkatan.
Berdasarkan peningkatan hasil Pelajaran yang diperoleh, dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan
pembelajaran portofolio pada siswa Kelas V SDN 006 Pelokoan
Kecamatan Bonehau Kabupaten Mamuju meningkat.