Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah
penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD
Negeri Wangatoa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V
SD Negeri Wangatoa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali
pertemuan. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan,
tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian
adalah penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking oleh guru
dan hasil belajar siswa. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian
adalah siswa kelas V SD Negeri Wangatoa, sebanyak 20 orang, yang
terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti
bertindak sebagai observer dan guru tetap bertindak sebagai guru. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
data kualitatif deskriptif untuk mengukur hasil belajar siswa.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS pada siklus I berada pada kategori kurang (45%), dan pada
siklus II hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS mengalami
peningkatan yaitu berada pada kategori sangat baik (100%). Terjadinya
peningkatan hasil belajar siswa tidak terlepas dari peningkatan aktivitas
beajar siswa dalam proses pembelajaran melalui strategi pembelajaran
Guided Note Taking untuk setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian
dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi
pembelajaran Guided Note Taking pada mata pelajaran IPS dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Wangatoa.