DSpace Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAJAAN DAN PENINGGALAN HINDU DI INDONESIA KELAS V SD NEGERI WANGATOA KECAMATAN NUBATUKAN NUSA TENGGARA TIMUR

Show simple item record

dc.contributor.author UAK, YOHANES N.
dc.date.accessioned 2023-02-16T02:32:40Z
dc.date.available 2023-02-16T02:32:40Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.other 4512103178
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4620
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Wangatoa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Wangatoa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking oleh guru dan hasil belajar siswa. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Wangatoa, sebanyak 20 orang, yang terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru tetap bertindak sebagai guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siklus I berada pada kategori kurang (45%), dan pada siklus II hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori sangat baik (100%). Terjadinya peningkatan hasil belajar siswa tidak terlepas dari peningkatan aktivitas beajar siswa dalam proses pembelajaran melalui strategi pembelajaran Guided Note Taking untuk setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Wangatoa. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Guided Note Taking en_US
dc.subject hasil belajar IPS en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAJAAN DAN PENINGGALAN HINDU DI INDONESIA KELAS V SD NEGERI WANGATOA KECAMATAN NUBATUKAN NUSA TENGGARA TIMUR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account