Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimanakah pengaruh
penerapan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap
keterampilan menulis laporan pengamatan pada Siswa Kelas V SD Negeri
Pampang Kota Makassar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mandeskripsikan pengaruh
penerapan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap
keterampilan menulis laporan pengamatan Siswa Kelas V SD Negeri
Pampang Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen yang
dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan Subjek penelitian berjumlah
24 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan
LKS untuk mengukur tingkat keberhasilan dari setiap tindakan. Standar
kriteria yang ditentukan adalah 85.
Temuan setelah pelaksanaan penelitian yaitu penggunaan
model pembelajaran Numbered Head Together dapat menunjukan
aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari penelitian pada pertemuan
pertama dengan nilai rata-ratanya 86,55%. Sebelum menggunakan
model pembelajaran Numbered Head Together. setelah diberikan
perlakuan kepada siswa pada pertemuan pertama yaitu menggunakan
model pembelajaran Numbered Head Together hasil tes menunjukan
dengan nilai rata-ratanya 85,55% .dan memenuhi kriteria ketuntasan
minimal sehingga dikatakan penelitian ini berhasil dan tidak perlu
dilanjutkan ke pertemuan III. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran Numbered Head Together dapat berpengaruh hasil
belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Pampang Kota
Makassar.