Abstract:
Jenis Penelitian ini merupakan jenis peneilitian tindakan kelas
(Class room action research ) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Yaitu
sikslus I dan siklus II dimana kedua siklus ini merupakan rangkaian
kegiatan pembelajaran. Pada dasarnya penelitian ini bertujuan untuk
mengetahuai Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan
Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Pada
Siswa Kelas V SD Inpres Sangiang Pulau Kabupaten Bima. Sampel
penelitian ini adalah murid kelas V sebanyak 25 orang. Penelitian
dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi dan tes tertulis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model
Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa
kelas V Inpres Sangiang Pulau Kabupaten Bima. Hal ini dapat dilihat pada
siklus I, nilai rendah 16%, nila sedang 20% dan nilai tinggi 64% dapat di
kategorikan belum meningkat. Maka di lanjudkan dengan siklus II terdapat
peningkatan dibandingkan dengan siklus I, dimana dalam siklus II nilai
tinggi 40%, nilai sangat tinggi 60% dan keberhasilan ini mencapai 100%,
dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil
belajar siswa