Abstract:
Studi ini menelaah penerapan metode untuk meningkatkan hasil
belajar Sains tentang perubahan wujud benda cair siswa kelas IV SDN
Tanrara Kabuparen Gowa. Adapun permasalahan pokok yang dikaji yaitu
rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains khususnya
tentang perubahan wujud benda cair di kelas IV SDN Tanrara Kabupaten
Gowa.
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar
murid melalui penerapan metode Inquiri dalam meningkatkan hasil belajar
Sains siswa kelas IV Tanrara Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah
penerapan metode Inquiri dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Sains. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian adalah
guru mata pelajaran Sains dan siswa kelas IV SDN Tanrara Kabupaten
Gowa, sebanyak 22 orang, yang terdiri dari 10 laki-laki dan 12
perempuan. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan observasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data
kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian yaitu dari data hasil observasi
aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami
peningkatan dari setiap siklus selain itu dari data nilai hasil belajar Sains
dengan melihat nilai rata-rata hasil belajar Sains pada siklus I berada
pada kategori kurang baik sedangkan pada siklus II berada pada kategori
sangat baik. Hal ini berarti hasil belajar siswa dengan menggunakan
metode Inkuiri pada mata pelajaran Sains khususnya tentang perubahan
wujud benda cair dapat meningkat.