Abstract:
Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen yang melibatkan satu
kelas sebagai kelas eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran IPS pada siswa Kelas IV SD Inpres
Tommo II. Penelitian ini mengacu pada 2 kriteria pengaruh hasil belajar siswa,
dan aktivitas siswa yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, terhadap
pelaksanaan model kooperatif tipe STAD. Desain penelitian yang digunakan
adalah one Group Pretest- Posttest, yaitu sebuah eksperimen yang dilaksanakan
tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol) dan mempunyai tes awal serta test
akhir. Populasinya adalah seluruh siswa SD Inpres Tommo II dengan sampel
penelitian adalah siswa Kelas IV sebanyak 21 siswa. Penelitian dilaksanakan
selama 6 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes
hasil belajar yang diberikan kepada siswa pada awal pertemuan dan tes akhir
pertemuan, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama proses
pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor ratarata tes hasil belajar IPS siswa pada Pretest adalah 55,19 dengan standar deviasi
16,49 dimana skor terendah yang diperoleh adalah 17 dan skor tertinggi adalah 82
dari skor ideal 100 sedangkan pada Posttest skor rata- rata hasil belajar meningkat
menjadi 81,90 dengan standar deviasi 16,23 dimana skor terendah yang diperoleh
adalah 30 dan skor tertinggi adalah 100 dari skor ideal 100. (2) rata-rata
persentase frekuensi aktivitas siswa yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran
mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian maka model kooperatif tipe
STAD efektif diterapkan dalam pembelajaran IPS pada siswa Kelas IV SD Inpres
Tommo II