PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD INPRES TOMMO II KECAMATAN TOMMO KABUPATEN MAMUJU

Show simple item record

dc.contributor.author HUSNAWATI, TRY
dc.date.accessioned 2023-02-16T02:50:44Z
dc.date.available 2023-02-16T02:50:44Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other 4512103253
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4627
dc.description.abstract Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran IPS pada siswa Kelas IV SD Inpres Tommo II. Penelitian ini mengacu pada 2 kriteria pengaruh hasil belajar siswa, dan aktivitas siswa yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, terhadap pelaksanaan model kooperatif tipe STAD. Desain penelitian yang digunakan adalah one Group Pretest- Posttest, yaitu sebuah eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol) dan mempunyai tes awal serta test akhir. Populasinya adalah seluruh siswa SD Inpres Tommo II dengan sampel penelitian adalah siswa Kelas IV sebanyak 21 siswa. Penelitian dilaksanakan selama 6 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar yang diberikan kepada siswa pada awal pertemuan dan tes akhir pertemuan, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor ratarata tes hasil belajar IPS siswa pada Pretest adalah 55,19 dengan standar deviasi 16,49 dimana skor terendah yang diperoleh adalah 17 dan skor tertinggi adalah 82 dari skor ideal 100 sedangkan pada Posttest skor rata- rata hasil belajar meningkat menjadi 81,90 dengan standar deviasi 16,23 dimana skor terendah yang diperoleh adalah 30 dan skor tertinggi adalah 100 dari skor ideal 100. (2) rata-rata persentase frekuensi aktivitas siswa yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian maka model kooperatif tipe STAD efektif diterapkan dalam pembelajaran IPS pada siswa Kelas IV SD Inpres Tommo II en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD INPRES TOMMO II KECAMATAN TOMMO KABUPATEN MAMUJU en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account