Abstract:
Penelitian ini menelaah pengaruhmetode resitasi terhadap hasil belajar Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V SD Inpres Banga-Banga Kecamatan
Barru Kabupaten Barru. Masalah utama dalam penelitian ini adalah adakah
pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar IPS siswa SD Inpres Banga-Banga
Kecamatan Barru Kabupaten Barru.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental dengan rancangan
penelitian One-group pretest-posttest design. Pengumpulan data dengan
menggunakan instrumen tes hasil. Analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Banga-Banga
Kecamatan Barru Kabupaten Barru sebanyak 14 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V sebelum
digunakan metode resitasi adalah 69,77 dan hasil belajar setelah digunakan
metode resitasi adalah 81,87. Angka tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh
penggunaan metode resitasi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres
Banga-Banga dan hasil uji hipotesis (t-tes) menunjukkan angka 4,049, dengan
demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dengan hasil penelitian ini guru
diharapkan sesering mungkin menggunakan metode resitasi dalam proses
pembelajaran agar lebih meningkatkan hasil belajar siswa terkhusus pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).