PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS V SD INPRES BANGA-BANGA KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU

Show simple item record

dc.contributor.author RAZAK, UMRAH
dc.date.accessioned 2023-02-16T03:10:59Z
dc.date.available 2023-02-16T03:10:59Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other 4516 103 090
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4628
dc.description.abstract Penelitian ini menelaah pengaruhmetode resitasi terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V SD Inpres Banga-Banga Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Masalah utama dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar IPS siswa SD Inpres Banga-Banga Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental dengan rancangan penelitian One-group pretest-posttest design. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes hasil. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Banga-Banga Kecamatan Barru Kabupaten Barru sebanyak 14 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V sebelum digunakan metode resitasi adalah 69,77 dan hasil belajar setelah digunakan metode resitasi adalah 81,87. Angka tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres Banga-Banga dan hasil uji hipotesis (t-tes) menunjukkan angka 4,049, dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dengan hasil penelitian ini guru diharapkan sesering mungkin menggunakan metode resitasi dalam proses pembelajaran agar lebih meningkatkan hasil belajar siswa terkhusus pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Hasil Belajar IPS dan Metode Resitasi en_US
dc.title PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS V SD INPRES BANGA-BANGA KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account