Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan
menulis karangan deskripsi melalui model Concept Sentence pada siswa
kelas V SD Negeri Pampang Makassar. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research).Subjek penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Pampang Makassar.
Hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan menulis
karangan deskripsi siswa dengan menggunakan model concept sentence
pada siswa kelas V SD Negeri Pampang Makassar hasilnya mengalami
peningkatan. Pada siklus I,nilai yang diperoleh siswa siklus I adalah
63,64% hasilnya kurang maksimal karena siswa kurang semangat dalam
mengikuti pelajaran dan masih kurang respon atau kurang aktif dalam
bertanya, menjawab pertanyaan, kurang memahami penjelasan guru serta
siswa sangat ragu menuangkan gagasannya dalam menulis karangan
deskripsi. Pada siklus II nilai yang diperoleh siswa sebesar 86,47%, siswa
sudah antusias dalam mengikuti pelajaran dan mengemukakan pendapat,
serta siswa sangat cepat memahami penjelasan guru.