Abstract:
Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
mata bagaimanakah penerapan pendekatan kontekstual dalam
meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri I
Labakkang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan kontekstual
dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD
Negeri I Labakkang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah Jika pendekatan kontekstual
diterapkan maka hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri I
Labakkang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep meningkat.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap
siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap
observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan
pendekatan kontekstual dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan kegiatan ini,
peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai fasilitator
atau guru yang mengajar. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil observasi guru pada
siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori
baik (B). Adapun hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori
cukup (C) sedangkan siklus II berada pada kategori baik (B).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata
pelajaran matematika siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 68,9 dan
berada pada kategori baik (B) sedangkan pada siklus II nilai rata-rata
sebesar 86,5 dan berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan
dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan kontekstual
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika
siswa kelas IV SD Negeri I Labakkang Kecamatan Labakkang Kabupaten
Pangkep.