PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS IV SD NEGERI I LABBAKANG KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP

Show simple item record

dc.contributor.author LESTARI, YULI
dc.date.accessioned 2023-02-16T03:19:13Z
dc.date.available 2023-02-16T03:19:13Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other 4513103092
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4634
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata bagaimanakah penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri I Labakkang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri I Labakkang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Jika pendekatan kontekstual diterapkan maka hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri I Labakkang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep meningkat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontekstual dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai fasilitator atau guru yang mengajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Adapun hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 68,9 dan berada pada kategori baik (B) sedangkan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 86,5 dan berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri I Labakkang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Hasil belajar en_US
dc.subject Pendekatan Kontesktual en_US
dc.title PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS IV SD NEGERI I LABBAKANG KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account