Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatka hasil belajar pada
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran
make a match di SD Inpres Panaikang II-1 Kota Makassar.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang
dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 20 orang
siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan LKS untuk
mengukur tingkat keberhasilan dari setiap tindakan. Standar kriteria yang
ditentukan adalah 75.
Temuan selama pelaksanaan tindakan antara lain penggunaan
model pembelajaran make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari penelitian pada siklus I dengan nilai
rata-rata 74. Hasil penelitian ini diperoleh hasil belajar siswa yang tuntas
ada 11 siswa dan tidak tuntas ada 9 siswa dengan persentase 55% dan
pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas 20 siswa dengan nilai ratarata 85,25. Artinya terjadi peningkatan skor dari siklus I ke siklus II
sebesar 11,25 atau meningkat KKMnya sebesar 45%, sehingga
persentase menjadi 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD
Inpres Panaikang II-1 Kota Makassar.