PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PETA DAN KOMPONENNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD INPRES PANAIKANG II-1 KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author SAO, MARIA YUVENTA
dc.date.accessioned 2023-02-17T02:27:20Z
dc.date.available 2023-02-17T02:27:20Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 4513103069
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4647
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatka hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran make a match di SD Inpres Panaikang II-1 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 20 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan LKS untuk mengukur tingkat keberhasilan dari setiap tindakan. Standar kriteria yang ditentukan adalah 75. Temuan selama pelaksanaan tindakan antara lain penggunaan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari penelitian pada siklus I dengan nilai rata-rata 74. Hasil penelitian ini diperoleh hasil belajar siswa yang tuntas ada 11 siswa dan tidak tuntas ada 9 siswa dengan persentase 55% dan pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas 20 siswa dengan nilai ratarata 85,25. Artinya terjadi peningkatan skor dari siklus I ke siklus II sebesar 11,25 atau meningkat KKMnya sebesar 45%, sehingga persentase menjadi 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres Panaikang II-1 Kota Makassar. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.subject make a match en_US
dc.title PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PETA DAN KOMPONENNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD INPRES PANAIKANG II-1 KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account