Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil belajar konsep keliling
persegi panjang dengan menggunakan pendekatan matematika realistik mata
pelajaran matematika pada siswa kelas III SD Bustanul Islamiyah Kota
Makassar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua
kali pertemuan dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Fokus penelitian yakni 1) proses dalam pendekatan matematika realistik dan
2) Hasil belajar konsep keliling persegi panjang. Subjek penelitian ini yakni dua
puluh siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan.Teknik
pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, tes dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan tahap reduksi data, mendeskripsikan data dan siklus I
pertemuan I dan II berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada
pada kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar konsep
keliling persegi panjang dari kategori sedang pada siklus I dengan hasil belajar
rata-rata 62 atau ketuntasan secara klasikal 40% sedangkan pada siklus II
pertemuan I dan II berada pada kategori baik dengan hasil belajar rata-rata 84 atau
ketuntasa secara klasikal 90%. Dengan demikian pendekatan matematika realistik
dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi konsep keliling persegi
panjang pada siswa kelas III SD Bustanul Islamiyah Kota Makassar