Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan hubungan
lingkungan sosial terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 7 Gandeng
Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah
kolerasi, dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD
Negeri 7 Gandeng Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang di kelas III
dengan jumlah sampel 17 orang siswa. Adapun instrumen yang
digunakan berupa angket dan dokumentasi rapor siswa. Teknik analisis
statistik yaitu uji kolerasi product moment.
Hasil analisis data tersebut dan setelah dikolerasikan ternyata
dapat diketahui bahwa diperoleh 𝑟β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 1,486 pada taraf
signifikan 5% dan 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar 0,482, artinya bahwa nilai 𝑟β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 lebih
besar dari pada nilai r tabel, yakni 1,486 > 0,482. Dengan demikian, dapat
dinyatakan bahwa Ha (diterima) dan Ho (ditolak) dengan artian terdapat
hubungan yang signifikan antara lingkungan sosial dengan prestasi
belajar siswa kelas III SD Negeri 7 Gandeng Kecamatan Baraka
Kabupaten Enrekang.