Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan minat belajar siswa
dengan menggunakan model pembelajaran diskusi kelompok. Penelitian
ini dilaksanakan di SD Inpres Juppai Kab barru. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dengan Pre-Experimental Designs. Siswa yang
dipilih adalah siswa kelas V dengan jumlah sampel 24 siswa. Teknik
pengambilan sampel yaitu Sampling Purposive yang dipilih berdasarkan
pertimbangan peneliti. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket
yang berbentuk esai dengan jumlah 15 nomor. Adapun teknik
pengumpulan data berupa tes (Pretes-Posttest) dan teknik analisis data
yang digunakan penelitian menggunakan uji normalitas dan uji-t.
Hasil penelitian untuk uji normalitas diperoleh bahwa x
2
hitung<x2
tabel yaitu
(5,6123<7,81) maka data dinyatakan berdistribusi normal. Hasill penelitian
menunjukkan untuk uji-t diperoleh thitung>ttabel diperoleh (18,986>1,711)
maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model diskusi
kelompok terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia