Abstract:
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah model
pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) berpengaruh
terhadap hasil belajar PKn murid kelas V SD Negeri Batutambung
Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number
Head Together) terhadap hasil belajar PKn murid kelas V SD Negeri
Batutambung Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.
Jenis penelitian ini merupakan eksperimen dengan rancangan
penelitian randomized control group pretest-pasca test. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Batutambung
Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar sebanyak 40 orang, kemudian
diadakan pengambilan sampel dengan teknik purposive sample, yaitu
diambil kelas V A yang terdiri dari 20 siswa dan V B 20 siswa. Sebagai
kelas eksperimen yaitu kelas V A dan sebagai kelas kontrol kelas V B.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang berbeda dan
dinyatakan prestasi belajar siswa kelompok eksperimen lebih baik (nilai
rata-rata 81,5) dari pada hasil belajar siswa kelompok kontrol (nilai ratarata 71). Number Head Together) berpengaruh positif terhadap prestasi
belajar.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe NHT (Numbered Head
Together) memperoleh hasil yang lebih baik dari pada yang menggunakan
model pembelajaran konvensional. Disarankan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dapat
digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran PKn di sekolah