PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MURID KELAS V SD NEGERI BATUTAMBUNG KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author SYAHRI, MUCHTAR
dc.date.accessioned 2023-02-17T02:57:56Z
dc.date.available 2023-02-17T02:57:56Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other 4513103146
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4660
dc.description.abstract Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) berpengaruh terhadap hasil belajar PKn murid kelas V SD Negeri Batutambung Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) terhadap hasil belajar PKn murid kelas V SD Negeri Batutambung Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group pretest-pasca test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Batutambung Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar sebanyak 40 orang, kemudian diadakan pengambilan sampel dengan teknik purposive sample, yaitu diambil kelas V A yang terdiri dari 20 siswa dan V B 20 siswa. Sebagai kelas eksperimen yaitu kelas V A dan sebagai kelas kontrol kelas V B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang berbeda dan dinyatakan prestasi belajar siswa kelompok eksperimen lebih baik (nilai rata-rata 81,5) dari pada hasil belajar siswa kelompok kontrol (nilai ratarata 71). Number Head Together) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) memperoleh hasil yang lebih baik dari pada yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Disarankan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran PKn di sekolah en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.subject PKn en_US
dc.subject NHT (Numbered Head Together) en_US
dc.subject konvensional en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MURID KELAS V SD NEGERI BATUTAMBUNG KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account