Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang
ditimbulkan dari pelaksanaan bimbingan belajar orangtua terhadap prestasi
belajar siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode
kuantitatifdengan kuesioner(angket) utama dalam pengumpulan data. Sedangkan
responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 21 orang berasal dari
para siswa kelas IV SD Inpres No 198 Suli-suli. Pada proses analisis data, penelitian
ini menggunakan analisis regresi sederhana dengan bimbingan belajar orangtua
sebagai variabel independen dan prestasi belajar sebagai variabel dependen.
Hasil dari penelitian ini adalah bimbingan belajar memiliki pengaruh terhadap
peningkatan prestasi belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan adanya hasil
pengujian dari analisis Uji T, dimana pada analisis tersebut nilai thitung > ttabel yaitu
sebesar 3,56209>2,09302. Hal ini menjelaskan bahwa dalam hipotesis yang diterima
pada uji T adalah H1. Dimana arti dari H1 adalah bimbingan belajar memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Inpres No 198
Suli-suli.