Abstract:
Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yaitu memberikan
soal pretest kemudian memberikan treatmen berupa model pembelajaran
course review horay setelah itu diberikan posttest kepada siswa dengan
tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran course review horay
Terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres Pajjaiang II Kota
Makassar memiliki pengaruh atau tidak terhadap hasil belajar. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas V-A sebanyak 30 orang. Penelitian
dilakasanan sebanyak 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi yang dianalisis
dengan statistik inferensial. Data yang diperoleh dianalisis juga dengan
menggunakan Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar matematika pada
siswa kelas V SD Inpres Pajjaiang II Makassar. Hal ini dapat dilihat
berdasarkan hasil analisis Paired Sample t-Test. Di peroleh perbedaan yang
signifikan pada hasil belajar pada mata pelajaran matematika sebelum dan
sesudah diberikan perlakuan berupa penggunaan model course review
horay. Jika nilai
, sedangkan nilai
, . Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model course review horay
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres Pajjaiang II
Makassar