Abstract:
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian
Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest, yaitu memberikan tes sebelum
adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan
menggunakan metode eksperimen. Perlakuan dilakukan dengan tujuan untuk
mengetahui Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa pada
Pembelajaran IPA materi Sifat – Sifat Cahaya Kelas V SD Negeri Karuwisi II
Makassar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 34 orang. Penelitian
dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dengan bentuk instrumen tes yaitu
pilihan ganda 20 soal, 4 opsi jawaban yang dianalisis dengan statistik deskriptif.
Data yang diperoleh dianalisis juga dengan menggunakan analisis statistik
inferensial menggunakan rumus uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode eksperimen
terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran ipa materi Sifat – Sifat Cahaya
Kelas V SD Negeri Karuwisi II Makassar. Hal ini dapat dilihat setelah diperoleh t -
hitung = 14,03 dan t tabel = 2,042 maka, diperoleh t Hitung> t Tabel atau 14,03 >
2,042. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode
pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar siswa