Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan implementasi
pendekatan kontekstual pada ketrampilan menulis teks eksposisi
siswa/i kelas VII SMP Negeri 35 Makassar tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini berjenis eksperimen semu dengan desain pretestposttent kelompok control yang non-ekuivalen (Non Equivalent
Pretest-Posttest Control Group Design). Desain penelitian PretestPosttest kelompok kontrol yang Non-Ekuivelen yaitu jenis desain
yang pada umumnya digunakan pada penelitian dengan melibatkan
kelas-kelas yang sudah ada sebagai kelompoknya. Sampel
penelitian Sampel penelitian yaitu siswa kelas VII SMP 35 Negeri
Makassar sebanyak 60 siswa yang terdiri dari dua kelas, yakni kelas
VII G dan VII J. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode
penilaian Acuan patokan (PAP) tipe 1.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan kontekstual Belum
efektif diimplementasikan pada pembelajaran ketrampilan menulis
teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 35 Makassar tahun
ajaran 2018/2019. Kemampuan Memahami teks eksposisi,
kemampuan menulis dan penguasaan tema siswa dan siswi kelas
VII SMP Negeri 35 Makassar tahun ajaran 2018/2019yaitu tidak
mahir. Sehingga perlu dilakukan pelatihan terus-menerus. Bentuk
efektif dari pendekatan kontekstual atas pembelajaran menulis teks
eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 35 Makassar tahun ajaran
2018/2019 yaitu melatih siswa dan siswi secara bertahan mulai dari
teori tentang teks eksposisi dalam mengasah kemampuan
Memahami teks eksposisi siswa. Melakukan pelatihan berkala dalam
menjelaskan ide dan menulis ide tetang tema teks ekposisi dalam
dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis Dan Penguasaan
Tema teks ekposisi.