dc.contributor.author | MATDOAN, MUHAMMAD NUR | |
dc.date.accessioned | 2023-02-17T07:22:16Z | |
dc.date.available | 2023-02-17T07:22:16Z | |
dc.date.issued | 2019 | |
dc.identifier.other | 4512102059 | |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4677 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan implementasi pendekatan kontekstual pada ketrampilan menulis teks eksposisi siswa/i kelas VII SMP Negeri 35 Makassar tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini berjenis eksperimen semu dengan desain pretestposttent kelompok control yang non-ekuivalen (Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design). Desain penelitian PretestPosttest kelompok kontrol yang Non-Ekuivelen yaitu jenis desain yang pada umumnya digunakan pada penelitian dengan melibatkan kelas-kelas yang sudah ada sebagai kelompoknya. Sampel penelitian Sampel penelitian yaitu siswa kelas VII SMP 35 Negeri Makassar sebanyak 60 siswa yang terdiri dari dua kelas, yakni kelas VII G dan VII J. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode penilaian Acuan patokan (PAP) tipe 1. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan kontekstual Belum efektif diimplementasikan pada pembelajaran ketrampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 35 Makassar tahun ajaran 2018/2019. Kemampuan Memahami teks eksposisi, kemampuan menulis dan penguasaan tema siswa dan siswi kelas VII SMP Negeri 35 Makassar tahun ajaran 2018/2019yaitu tidak mahir. Sehingga perlu dilakukan pelatihan terus-menerus. Bentuk efektif dari pendekatan kontekstual atas pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 35 Makassar tahun ajaran 2018/2019 yaitu melatih siswa dan siswi secara bertahan mulai dari teori tentang teks eksposisi dalam mengasah kemampuan Memahami teks eksposisi siswa. Melakukan pelatihan berkala dalam menjelaskan ide dan menulis ide tetang tema teks ekposisi dalam dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis Dan Penguasaan Tema teks ekposisi. | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS BOSOWA | en_US |
dc.subject | Keefektifan | en_US |
dc.subject | Implementasi | en_US |
dc.subject | Pendekatan Kontestual | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Menulis | en_US |
dc.subject | Teks Eksposisi. | en_US |
dc.title | KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTESTUAL PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 35 MAKASSAR TAHUN AJARAN 2018/2019 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |