Abstract:
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian
Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest, yaitu memberikan tes sebelum
adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan
menggunakan strategi modeling the way. Perlakuan dilakukan dengan tujuan
untuk mengetahui Pengaruh Strategi Modeling The Way Terhdap Hasil Belajar
IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Karuwisi 2 Kota Makassar. Sampel penelitian ini
adalah siswa kelas IV sebanyak 24 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak 4 kali
pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik tes, yang dianalisis dengan statistik deskriptif. Data yang diperoleh
dianalisis juga dengan menggunakan analisis statistik inferensial menggunakan
rumus uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Strategi Modeling The
Way terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri Karuwisi II Kota
Makassar. Hal ini dapat dilihat setelah diperoleh t - hitung = 9,534 dan t tabel =
2,120 maka, diperoleh t Hitung> t Tabel atau 9,534 > 2,120. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Strategi Modeling The Way terhadap
hasil belajar siswa.