Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dalam meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPS materi koperasi kelas IV SD Negeri 22
Kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II pada siswa
kelas IV SD Negeri 22 Kabupaten Maros. Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali
pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap
pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian adalah
penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II oleh guru dan hasil belajar
siswa. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV
SD Negeri 22 Kabupaten Maros, sebanyak 22 orang, yang terdiri dari 12 laki-laki
dan 10 perempuan. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai
observer dan guru tetap bertindak sebagai guru. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif untuk
mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I
aktifitas belajar siswa berada pada ketgori cukup dan hasil belajar siswa berada
pada kategori kurang (K) kemudian pada siklus II aktifitas belajar siswa
mengalami peningkatan yakni berada pada kategori baik dan hasil belajar siswa
juga berada pada kategori baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah
bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 22 Kabupaten
Maros.