DSpace Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KOPERASI KELAS IV SD NEGERI 22 KABUPATEN MAROS

Show simple item record

dc.contributor.author NURHIDAYAH
dc.date.accessioned 2023-02-20T02:29:43Z
dc.date.available 2023-02-20T02:29:43Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.other 4512103178
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4688
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi koperasi kelas IV SD Negeri 22 Kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II pada siswa kelas IV SD Negeri 22 Kabupaten Maros. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II oleh guru dan hasil belajar siswa. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 22 Kabupaten Maros, sebanyak 22 orang, yang terdiri dari 12 laki-laki dan 10 perempuan. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru tetap bertindak sebagai guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktifitas belajar siswa berada pada ketgori cukup dan hasil belajar siswa berada pada kategori kurang (K) kemudian pada siklus II aktifitas belajar siswa mengalami peningkatan yakni berada pada kategori baik dan hasil belajar siswa juga berada pada kategori baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 22 Kabupaten Maros. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Kooperatif tipe Jigsaw II en_US
dc.subject hasil belajar IPS en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KOPERASI KELAS IV SD NEGERI 22 KABUPATEN MAROS en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account