Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) penerapan
model pembelajaran tipe make a match, (2) meningkatkan hasil belajar
matematika dalam pembelajaran mengenai Materi kelipatan persekutuan
terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) siswa kelas V SD
Inpres Nipa-nipa Kota Makassar.
Hasil analisis dan pembahasan, penelitian ini menunjukkan bahwa
siswa SD Inpres Nipa-nipa berjumlah 30 siswa yang memperoleh nilai
Kriteria Ketuntasan Minimal 70. Berdasarkan hasil tes, yaitu pada siklus I
nilai rata–rata hasil belajar 66 dengan kategori rendah, dan presentasi
hasil belajar siswa klasikal adalah 50%. Pada siklus II rata-rata hasil
belajar adalah 78 dengan presentasi ketuntasan hasil belajar secara
klasikal adalah 83% dengan kategori sedang, Sehingga indikator
keberhasilannya 50% dan presentasi pada hasil belajar siklus II adalah
78 indikator keberhasilannya 83%. Sehingga peningkatan presentasi
ketuntasan hasil belajar siswa adalah 33%.