Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui adakah pengaruh
bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa SDN Mangkura V Kota
Makassar, dimana Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian expost facto yaitu fakta yang dikumpulkan sudah ada sebelumnya dan
bersifat korelasional karena yang akan diselidiki adalah hubungan antar
variabel dengan memberikan angket bimbingan belajar dan mengambil
nilai rapor siswa pada semester II guna untuk mengetahui adakah
pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi siswa yang mengikuti
bimbingan belajar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI sebanyak
10 orang.Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Adapun
teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik
deskriptif dan analisis statistik inferensial. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan rumus uji-t.
Hasil penelitian bahwa tidak ada pengaruh bimbingan belajar
terhadap prestasi belajar siswa SDN Mangkura V Kota Makassar. Hal ini
dapat dilihat berdasarkan hasil uji-t diperoleh Thitung diperoleh 0,03 ˂Tttabel
diperoleh 1,81, Maka Ha(ditolak) dan H0(diterima). Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara
bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa