Abstract:
enis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen bentuk One
Group PreTest PostTest Design yaitu sebuah desain penelitian
eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas
sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol)
penelitian ini bertujuan mendiskripsikan mengetahui pengaruh
penggunaan model pembelajaran interaktif (eksplicit instruction) dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan memahami tokoh cerita
rakyat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD
Negeri Bontoa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar tahun ajaran
2017/2018. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V
sebanyak 18 orang. Penelitian dilaksanakan selama 3 kali pertemuan.
Teknik pengumpulan data ini yang disusun oleh teknik tes.
Hasil analisis statistic inferensial menggunakan rumus uji t, diketahui
bahwa nilai t Hitung yang diperoleh adalah 6,45 dengan frekuensi db = 30 –
1 = 29, pada taraf signifikansi 50% diperoleh t Tabel = 2,11. Jadi, t Hitung > t
tabel atau hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima.
Hal ini membuktikan bahwa aplikasi model pembelajaran interaktif (explicit
instruction) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mempunyai pengaruh
dari pada sebelum model pembelajaran interaktif (explicit instruction).