PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF (EXPLICIT INSTRUCTION) TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI BONTOA KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author NURFAISAH
dc.date.accessioned 2023-02-20T02:37:50Z
dc.date.available 2023-02-20T02:37:50Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 4513103117
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4693
dc.description.abstract enis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen bentuk One Group PreTest PostTest Design yaitu sebuah desain penelitian eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol) penelitian ini bertujuan mendiskripsikan mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran interaktif (eksplicit instruction) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan memahami tokoh cerita rakyat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Bontoa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar tahun ajaran 2017/2018. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V sebanyak 18 orang. Penelitian dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data ini yang disusun oleh teknik tes. Hasil analisis statistic inferensial menggunakan rumus uji t, diketahui bahwa nilai t Hitung yang diperoleh adalah 6,45 dengan frekuensi db = 30 – 1 = 29, pada taraf signifikansi 50% diperoleh t Tabel = 2,11. Jadi, t Hitung > t tabel atau hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hal ini membuktikan bahwa aplikasi model pembelajaran interaktif (explicit instruction) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mempunyai pengaruh dari pada sebelum model pembelajaran interaktif (explicit instruction). en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Pengaruh en_US
dc.subject model en_US
dc.subject interaktif (explicit instruction) en_US
dc.subject pembelajaran en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF (EXPLICIT INSTRUCTION) TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI BONTOA KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account