dc.contributor.author | A, NURHIKMAH | |
dc.date.accessioned | 2023-02-20T02:39:40Z | |
dc.date.available | 2023-02-20T02:39:40Z | |
dc.date.issued | 2017 | |
dc.identifier.other | 4513103095 | |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4694 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPS siswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen yaitu metode yang melihat pengaruh pemberian suatu perlakuan (treatment) pada suatu objek (kelompok eksperimen) serta melihat besar pengaruh perlakuannya. Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan uji-T, N-Gain, dan Analisi Korelasi pada program Excel. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe picture and picture terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Bung Makassar Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran IPS menggunakan model pembelajran picture and picture pada posttest sebesar 70.6 lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar siswa untuk pretest hanya mendapat nilai 34 | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS BOSOWA | en_US |
dc.subject | hasil belajar IPS | en_US |
dc.subject | Model pembelajaran picture and picture | en_US |
dc.subject | berpengaruh | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BUNG MAKASSAR | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |