Abstract:
Penelitian ini di latar belakangi oleh Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Negeri 7 Gandeng Kecamatan
Baraka Kabupaten Enrekang. Untuk itu penulis berupaya untuk mengkaji
secara ilmiah Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Time Token Terhadap
Hasil bekajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada SD Negeri 7 Gandeng
Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh
yang signifikan model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token dalam
pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VI Pada SD
Negeri 7 Gandeng Kecamatan Baraka Kapubaten Enrekang.
Teknik pengumpulan data adalah teknik tes, observasi dan
dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah teknik Analisis
Statistika Deskriptif dan Analisis Statistika Inferensial.Jenis penelitian yang
digunakan adalah Quasi Eksperimental Design.Desain penelitian yang
digunakan adalah Posttest-Only Control Design.Populasi dalam penelitian
ini yaitu seluruh siswa kelas VI SD Negeri 7 Gandeng.Sampel pada
penelitian ini adalah siswa kelas VIA dan VIB yang diambil menggunakan
teknik Random.
Hasil belajar kelas Eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol
dan setelah dilakukan uji T diperoleh nilai 2,42 yang lebih besar dari Ttabel
dengan taraf Signifikansi 0,05 dengan Hasil Ttabel2,006. Maka dapat
disimpulkan menolak H0 dan menerima Ha yang menyatakan bahwa
terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang diajar dengan
model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token dan tanpa menggunakan
model Tipe Time Token. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token memberikan pengaruh yang
Signifikan dibandingkan tanpa penggunaan model pembelajaran
Kooperatif Tipe Time Token terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas
V