PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SD NEGERI 7 GANDENG KECAMATAN BARAKA KABUPATEN ENREKANG

Show simple item record

dc.contributor.author NURLINDA
dc.date.accessioned 2023-02-20T02:47:37Z
dc.date.available 2023-02-20T02:47:37Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 4513103100
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4696
dc.description.abstract Penelitian ini di latar belakangi oleh Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Negeri 7 Gandeng Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Untuk itu penulis berupaya untuk mengkaji secara ilmiah Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Time Token Terhadap Hasil bekajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada SD Negeri 7 Gandeng Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token dalam pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VI Pada SD Negeri 7 Gandeng Kecamatan Baraka Kapubaten Enrekang. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah teknik Analisis Statistika Deskriptif dan Analisis Statistika Inferensial.Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design.Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI SD Negeri 7 Gandeng.Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIA dan VIB yang diambil menggunakan teknik Random. Hasil belajar kelas Eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dan setelah dilakukan uji T diperoleh nilai 2,42 yang lebih besar dari Ttabel dengan taraf Signifikansi 0,05 dengan Hasil Ttabel2,006. Maka dapat disimpulkan menolak H0 dan menerima Ha yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token dan tanpa menggunakan model Tipe Time Token. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token memberikan pengaruh yang Signifikan dibandingkan tanpa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token en_US
dc.subject hasil belajar siswa en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SD NEGERI 7 GANDENG KECAMATAN BARAKA KABUPATEN ENREKANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account