Abstract:
i Hamid, dan Susalti Nur Arsyad)
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Perbandingan prestasi
belajar antara siswa yang bermain dan tidak bermain game online di SD
Inpres Tallo Tua I Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif
kuantitatif. Variabel bebas pada penelitian ini adalah bermain game online,
sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa SD Inpres Tallo Tua I Makassar, yang
berjumlah 516 orang dan Jumlah siswa yang menjadi sempel sebanyak
45. Teknik pengambilan sampling penelitian ini adalah suatu cara berpikir
dengan mengadakan pengamatan kepada seluruh peserta didik yang
berjumlah 45 orang tersebut dengan membagikan daftar pertanyaan/
angket kepada 45 siswa. Secara Purvosive Sampling (memilih secara
langsung). Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan data-data yang
diperoleh, maka disimpulkan bahwa hasil penelitian ini di peroleh nilai
rata-rata sebesar 3,91, angka rata-rata tersebut jika diidentifikasi pada
skala penilaian termasuk kategori tinggi karena berada pada interval 3,5-
4,5, dari hasil Penelitian dapat diperoleh gambaran bahwa terdapat
perbedaan prestasi belajar antara siswa yang bermain dan tidak bermain
game online di SD Inpres Tallo Tua I Makassar