Abstract:
Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh metode Somatis
Auditori Visual Intelektual terhadap kemampuan menyimak Siswa Kelas V
SD Negeri 109 Inpres Lekoala, Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini
adalah penelitian Exsperimen desain Pre-Test dan Post-Test, yaitu
memberikan soal sebelum adanya tindakan kemudian memberikan soal
setelah adanya tindakan dengan menggunakan Metode Somatis Auditori
Visual Intelektual yang bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh
Penerapan Metode Somatis Auditori Visual Intelektual terhadap
Kemampuan Menyimak pada Siswa kelas V SD Negeri 109 Inpres
Lekoala Kabupaten Maros. Sampel penelitian ini adalah murid Kelas V
sebanyak 29 orang. Penelitian dilaksanakan selama 3 kali pertemuan.
Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik
deskriptif dan analisis statistik inferensial. Data yang diperoleh dianalisi
dengan menggunakan rumus uji-t.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan
Metode Somatis Auditori Visual Intelektual terhadap kemampuan
menyimak pada siswa kelas V SD Negeri 109 Inpres Lekoala Kabupaten
Maros. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu
(3,594>2,045) maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian,
terdapat hubungan positif yang signifikan antara penerapan Metode
Somatis Auditori Visual Intelektual terhadap kemampuan menyimak