Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran team assisted individualization terhadap hasil belajar peserta didik
kelas V pada mata pelajaran PKn SD Inpres Mora IV. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres
Mora IV Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah. Subyek penelitian ini
berjumlah 52 siswa yang terdiri dari 25 untuk kelas eksperimen dan 27 untuk kelas
control. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa pilihan ganda dan
lembar observasi untuk mengamati kegiatan proses pembelajaran. Teknik analisa data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji deskripsi data, uji normalitas, uji
homogenitas dan uji hipotesis, dan berdasarkan uji hipotesis yakni Independent
Sample t-Test dapat dilihat bahwa taraf sig. (2-tailed) sebesar 0.003, dengan 0.003 <
0.005, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa
“Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe team assisted
individualization lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar menggunakan pembelajaran
konvensional”. Dengan demikian, penerapan model kooperatif tipe team assisted
individualization berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa