PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V SD INPRES MORA IV KECAMATAN KAROSSA KABUPATEN MAMUJU TENGAH

Show simple item record

dc.contributor.author NOVAYANTI, NI MADE DESI
dc.date.accessioned 2023-02-20T02:58:47Z
dc.date.available 2023-02-20T02:58:47Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other 4514103004
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4702
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran team assisted individualization terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran PKn SD Inpres Mora IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Mora IV Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah. Subyek penelitian ini berjumlah 52 siswa yang terdiri dari 25 untuk kelas eksperimen dan 27 untuk kelas control. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa pilihan ganda dan lembar observasi untuk mengamati kegiatan proses pembelajaran. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji deskripsi data, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis, dan berdasarkan uji hipotesis yakni Independent Sample t-Test dapat dilihat bahwa taraf sig. (2-tailed) sebesar 0.003, dengan 0.003 < 0.005, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa “Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe team assisted individualization lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar menggunakan pembelajaran konvensional”. Dengan demikian, penerapan model kooperatif tipe team assisted individualization berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Team Assisted Individualization en_US
dc.subject hasil belajar PKn en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V SD INPRES MORA IV KECAMATAN KAROSSA KABUPATEN MAMUJU TENGAH en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account