Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk
mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kelas
V SD Inpres Mora IV Kecamatan Karossa Kabupaten Mamuju Tengah pada materi
pokok peninggalan sejarah.
Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control design.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Inpres Mora IV Kecamatan
Karossa Kabupaten Mamuju Tengah yang terdiri dari dua kelas. Sampel diperoleh
secara acak dan terpilih kelas V-A sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah
peserta didik 28 orang dan kelas V-B sebagai kelompok kontrol dengan jumlah
peserta didik 26 orang. Pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan pemberian
tes hasil belajar. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar
peserta didik kelompok eksperimen yaitu 80,25 dan nilai rata-rata hasil belajar
peserta didik kelompok kontrol yaitu 69,69. Hasil analisis statistik inferensial
menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis
yang dilakukan dengan uji parametrik dengan menggunakan uji-t menghasilkan
hasil belajar thitung > ttabel = 3,392 > 1,664 pada α= 0,05. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran interaktif berpengaruh terhadap hasil
belajar peserta didik kelas V SD Inpres Mora IV Kecamatan Karossa Kabupaten
Mamuju Tengah pada materi pokok peninggalan sejarah.