PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD INPRES MORA IV KECAMATAN KAROSSA KABUPATEN MAMUJU TENGAH

Show simple item record

dc.contributor.author ULFA, NURIDA
dc.date.accessioned 2023-02-20T03:09:47Z
dc.date.available 2023-02-20T03:09:47Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other 4514103008
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4706
dc.description.abstract Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kelas V SD Inpres Mora IV Kecamatan Karossa Kabupaten Mamuju Tengah pada materi pokok peninggalan sejarah. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Inpres Mora IV Kecamatan Karossa Kabupaten Mamuju Tengah yang terdiri dari dua kelas. Sampel diperoleh secara acak dan terpilih kelas V-A sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah peserta didik 28 orang dan kelas V-B sebagai kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik 26 orang. Pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelompok eksperimen yaitu 80,25 dan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelompok kontrol yaitu 69,69. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji parametrik dengan menggunakan uji-t menghasilkan hasil belajar thitung > ttabel = 3,392 > 1,664 pada α= 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Inpres Mora IV Kecamatan Karossa Kabupaten Mamuju Tengah pada materi pokok peninggalan sejarah. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject model pembelajaran interaktif en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD INPRES MORA IV KECAMATAN KAROSSA KABUPATEN MAMUJU TENGAH en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account